Minggu, 23 November 2014

PUSAT PENGOBATAN ALTERNATIF CIKARANG

Di jaman era globalisai modern ini tentunya pengobatan pengobatan yang ada di indonesia sangat maju terutama pengobatan yang ada di pusat pengobatan alternatif cikarang di jl re martadinata baypass no 4 cikarang kabupaten bekasi.
Penyembuhan penyakit dan perawatan kesehatan secara alternatif kian diminati masyarakat. Pasalnya, pengobatan ini lebih murah dibandingkan perawatan medis di rumah sakit.

Menurut Anwar hidayat s.st, yang sudah menjadi terapis propesional bekam cikarang , Bandung, kebanyakan yang berobat adalah pasien yang tidak lagi mendapatkan manfaat pengobatan medis di rumah sakit. Namun, ada juga yang datang karena alasan murahnya biaya pengobatan alternatif.
Murahnya pengobatan ini lebih dikarenakan obat-obatan yang di- gunakan berbahan baku tanaman obat atau herbal, serta mudah di- dapatkan di pasar-pasar tradisional. Contohnya, jamu yang selalu diberikan Agus kepada pasien-pasiennya, adalah ramuan ekstrak daun sirih.
Jadi, untuk sekali terapi, pasien hanya mengeluarkan biaya Rp 50.000, yaitu Rp 30.000 untuk biaya terapi serta dua botol jamu yang harus diminum pasien selama empat hari. Namun, tidak jarang berbagai jenis pengobatan tradisional dan alternatif tidak memungut biaya pengobatan terhadap pasien yang benar-benar tidak mampu.
"Ini adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk orang yang tidak punya sehingga biaya pengobatan itu tidak di- tentukan besarannya, " ujar A Soeripto, seorang pemilik terapi urut di daerah Cilengkrang, Bandung.
Dari pengalaman pasien yang datang berobat ke A Soeripto, biaya pengobatan medis yang harus dibayar pasiennya mencapai Rp 1,5 juta per bulan, sedangkan pengobatan tradisional hanya Rp 50.000. Itu belum termasuk biaya operasi di rumah sakit yang harus ditanggung si pasien.
Agus mengakui, saat ini jumlah masyarakat yang memanfaatkan pengobatan dan perawatan kesehatan alternatif terus bertambah. Ini dilihat dari keberadaan klinik atau rumah pengobatan alternatif yang terus bertambah di Kota Bandung. Pilihannya pun beragam, mulai dari perawatan untuk mengembalikan kondisi tubuh hingga menyembuhkan penyakit kronis yang menahun.
Persaingan
Penyebaran informasi tentang klinik pengobatan alternatif ini juga bersifat dari mulut ke mulut, sesuai dengan kemampuan pemilik klinik menyembuhkan pasiennya.
"Tapi yang banyak datang berobat adalah pasien dengan keluhan penyakit yang banyak diderita orang, seperti kolesterol, asam urat, atau penyakit saluran pencernaan, " kata Agus.
Sebuah klinik harus bisa memanfaatkan lokasi untuk merebut segmentasi pasar tertentu, misalnya karyawan kantor yang membutuhkan relaksasi karena lelah bekerja. Saat istirahat mereka bisa memanfatkan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar